Kebijakan Mutu Departemen Ilmu Ekonomi Syariah

Departemen Ilmu Ekonomi Syariah berkomitmen menghasilkan lulusan yang kompeten, cerdas dan kompetitif di bidang ilmu ekonomi syariah beserta terapannya secara berkesinambungan dan akuntabel untuk pembangunan ekonomi syariah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat

Sasaran Mutu Departemen Ilmu Ekonomi Syariah

  1. Calon mahasiswa baru yang berkualitas
  2. Tingginya rasio jumlah pelamar program S1 dan jumlah mahasiswa yang diterima
  3. Tingginya rasio jumlah mahasiswa baru program S1 yang melakukan registrasi terhadap calon mahasiswa baru program reguler yang lulus seleksi
  4. Kelengkapan mata kuliah berupa GBPP, SAP dan modul terkini tersedia untuk semua mata kuliah
  5. Peningkatan kepuasan mahasiswa terhadap kualitas penyelenggaraan kegiatan akademik
  6. Peningkatan rata-rata IPK lulusan
  7. Peningkatan persentase mahasiswa yang lulus tepat waktu
  8. Penurunan persentase jumlah mahasiswa drop-out (DO) pada angkatan yang sama
  9. Penurunan persentase jumlah mahasiswa yang mengundurkan diri pada angkatan yang sama
  10. Masa tunggu kerja lulusan yang singkat
  11. Peningkatan penyerapan lulusan di dunia kerja
  12. Peningkatan persentase dosen tetap yang berpendidikan S3 yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi program studi
  13. Peningkatan persentase keterlibatan mahasiswa program studi S1 yang melakukan tugas akhir per angkatan dalam penelitian dosen
  14. Meningkatkan kompetensi dosen dan Tenaga Kependidikan melalui pendidikan lanjutan, pelatihan, seminar, workshop, dan kegiatan-kegiatan yang mendukung peningkatan kapasitas dan kapabilitas edukasi dan administrasi
  15. Mengembangkan dan mendukung kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dapat memperkuat proses peningkatan soft skill dan kemampuan manajerial serta mendorong dinamisasi kehidupan kemahasiswaan (intra dan ekstra kampus) yang meningkatkan kreatifitas dan inovasi mahasiswa

Sasaran Mutu Pelayanan Administrasi Akademik Departemen Ilmu Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Manajemen

No SASARAN MUTU UKURAN KEBERHASILAN PENANGGUNG JAWAB
1 Pelayanan Surat Keterangan, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada pemohon. 2 Hari Staf Administrasi Akademik
2 Pelayanan Surat Aktif Kembali, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada pemohon. 2 Hari Staf Akademik dan Kemahasiswaan
3 Pelayanan Surat Sidang Skripsi, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada pemohon. 3 Hari Staf Akademik dan Kemahasiswaan
4 Pelayanan Surat Undur Diri, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada pemohon. 2 Hari Staf Akademik dan Kemahasiswaan
5 Pelayanan Surat Keterangan Lulus (SKL) , mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada Dekanat. 2 Hari Staf Akademik dan Kemahasiswaan
6 Pelayanan Surat Perpanjangan Studi, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada pemohon. 2 Hari Staf Akademik dan Kemahasiswaan
7 Surat Permohonan Ujian Susulan, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada pemohon. 2 Hari Staf Akademik dan Kemahasiswaan
8 Pelayanan Surat Masuk, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan disampaikan kepada penerima. 6 Jam Ka. TU
9 Pelayanan Surat Masuk di Luar Pimpinan, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan disampaikan kepada penerima. 6 Jam Ka. TU
10 Pelayanan Surat Keluar sampai dengan pengiriman 2 Hari Ka. TU
11 Pelayanan Pengelolaan Website Diupdate 6 bulan Ka. TU
12 Pelayanan Surat Pengantar Pembuatan Karpeg, Karis, Taspen, Askes, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada Direktorat SDM IPB. 2 Hari Ka. TU
13 Pelayanan Pembuatan SKP, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada Dekanat. 2 Hari Ka. TU
14 Pelayanan Pengajuan Tugas/Izin Belajar dosen dan tenaga kependidikan, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada Dekanat. 2 Hari Administrasi Kepegawaian dan Ka. TU
15 Pelayanan Surat Tugas dosen dan tenaga kependidikan 2 Hari Ka. TU
16 Pelayanan Usulan Kenaikan Pangkat, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada Dekanat. 3 Hari Ka. TU
17 Pelayanan Cuti, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada Dekanat. 2 Hari Ka. TU
18 Pelayanan Surat Usulan Pensiun, mulai diterima berkas secara lengkap sampai dengan siap diserahkan kepada Dekanat. 1 Minggu Ka. TU
19 Peningkatan Kompetensi SDM Departemen 1 kali  Pelatihan untuk setiap pegawai per tahun Ka. TU
20 Pelayanan Kebersihan Sarana Umum (Ruang Sekretariat, Ruang Kuliah, Ruang Dosen, Ruang Seminar, Ruang Sidang, Toilet) 1 x Sehari Ka. TU
21 Pelayanan Pemeliharaan Peralatan/ Perlengkapan Kantor (AC, Wireless, LCD Projector, Komputer, Laptop, Lampu) 2 kali dalam satu tahun Ka. TU