PRESS RELEASE/BERITA WOMEN EMPOWERMENT WEBINAR AND COMPETITION

Acara Women Empowerment Webinar and Competition dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2021. Dr. Asep Nurhalim, Lc., M.Pd.I selaku Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Syariah memberikan sambutan pada acara ini. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pandangan dan arahan Islam terhadap perempuan itu luar biasa, termasuk dalam sejarah pemikiran ekonomi Islam dikenal tokoh-tokoh Muslimah seperti Siti Khadijah yang melahirkan pemikiran dalam ekonomi Islam Dalam Al-Qur’an terdapat surah An-nisa yakni surah khusus perempuan selain surat maryam. Beliau juga menyampaikan bahwa wanita pendiri universitas pertama dalam sejarah dunia pada abad ke-8 ialah Fatima binti Muhammad Al-Fihri. Selain itu, Beliau juga menyampaikan pesan dari Rasulullah SAW bahwa sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik perlakuannya terhadap perempuan. Selain sambutan dari Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Syariah, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen yaitu Prof. Dr. Ir. R. Nunung Nuryartono, M.Si juga memberikan sambutan. Beliau menyampaikan bahwa gen kepandaian seseorang yang diturunkan langsung dari seorang ibu. Oleh karenanya, ketika seorang perempuan itu maju, berpengetahuan dan berpendidikan maka bangsa itu akan menjadi bangsa yang hebat dan kuat, karena pendidikan pertama kali juga diberikan oleh seorang ibu. Peran perempuan sangat luar biasa, tidak hanya menjadi seorang ibu tetapi bisa melakukan lebih banyak hal yang unutk memberikan nilai-nilai kepada generasi bangsa.

Adapun pembicara pertama  pada Webinar Women Empowerment adalah Raden Khairunnisa Thifal Nabila, Dipl.CIDESCO, SM. Beliau memamparkan materi mengenai Kontribusi Perempuan Dalam Ekonomi Masyarakat. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa Islam menekannya terhadap konsep keadilan dan kesetaraan dalam kehidupan, terutama bagi terjaminnya keamanan dan keharmonisan hubungan antar manusia. Dalam Islam, yang menjadi pembeda antara laki laki dengan perempuan ialah amalan-amalan yang dilakukannya. Islam tidak pernah melarang wanita Muslimah untuk melibatkan diri mereka dalam melakukan aktivitas lainnya diluar dari aktivitas domestik.

Setelah pemaparan materi telah disampaikan oleh pembicara pertama maka dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh pembicara kedua yaitu Birrul Qodriyyah, S.Kep.,Ns.,Msc. Beliau memaparkan materi mengenai Peran Generasi Muda Dalam Membangun Pemberdayaan Perempuan. Beliau menyampaikan bahwa perempuan merupakan human resources, jadi sumber daya yang seperti apa itu kuncinya ada di perempuan, makanya jika mau memperbaiki generasi bangsa, memperbaiki perekonomian, yang paling utama itu perempuannya. Seorang perempuan itu sangat penting, karena perempuan merupakan penentu kualitas generasi bangsa, perempuan bukan hanya sekolah pertama, akan tetapi juga merupakan sekolah permanen bagi generasinya, serta perempuan juga merupakan seseorang yang akan mendidik “manusia”. Kualitas generasi adalah “buah karya” perempuan, karena anak lahir hanya bisa menangis, dia belajar dari orang dewasa di sekitarnya terutama ibu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *