Pelatihan Ekonomi Manajerial Syariah dalam Rangkaian Kegiatan Dosen Mengabdi Departemen Ilmu Ekonomi Syariah FEM IPB Hari Kedua

Rangkaian kegiatan Dosen Mengabdi Departemen Ilmu Ekonomi Syariah FEM IPB merupakan bentuk realisasi salah satu tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Adapun mitra dalam pelatihan yang diselenggarakan kali ini yaitu tenaga pendamping program pendayagunaan BAZNAS RI seluruh Indonesia. Tujuan pelatihan ini yaitu mengenalkan konsep ekonomi syariah lebih dalam, khususnya terkait manajerial kepada peserta pelatihan. Output pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan dapat menerapkan aktivitas manajerial secara syariah dalam bidang pekerjaan mereka untuk selanjutnya.

Hari kedua rangkaian kegiatan Dosen Mengabdi pada hari Selasa, 25 Agustus 2020 diisi dengan Pelatihan Ekonomi Manajerial Syariah. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi tiga sesi. Pembicara pada sesi pertama yaitu Dr. Asep Nurhalim, Lc, M.PdI dengan materi Kepemimpinan dan Perubahan Sosial. Selanjutnya, pembicara pada sesi kedua yaitu Dr. Laily Dwi Arsyianti, SE, M.Sc dengan materi Manajemen Keuangan Islami. Sedangkan pembicara pada sesi ketiga yaitu Ranti Wiliasih, M.Si dengan materi Ekonomi Industri Halal. Kegiatan pelatihan pada setiap sesi dimulai dengan pemaparan materi oleh pembicara, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi dengan para peserta pelatihan.

Dalam materi Kepemimipinan dan Perubahan Sosial, disampaikan terkait definisi pemimpin, unsur-unsur kepemimpinan, urgensi tarbiyah dzatiyah sebagai pembentuk karakter kepemimpinan, syarat pemimpin, faktor-faktor yang memengaruhi perubahan sosial, hingga kepemimpinan pada masa Rasulullah SAW. Dalam materi Manajemen Keuangan Islami, disampaikan terkait teori dan konsep manajemen finansial menurut perspektif Islam, dimulai dari wealth creation, wealth generation, wealth preservation, wealth distribution, hingga wealth purification. Sedangkan dalam materi Ekonomi Industri Halal disampaikan mengenai landasan filosofi halal berdasarkan Al-Quran, keterkaitan antara halal dengan hak konsumen muslim, industri halal global dan nasional, hingga analisis SWOT industri halal di Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *